5 Langkah Bagaimana Cara Menjual Emas Batangan Atau Perhiasan

Menjual Emas, Image Credit : 3i-indonesia.com

Menjual Emas, Image Credit : 3i-indonesia.com

Artikel ini diambil dari situs Investasi Emas Id

Suatu waktu kita pasti membutuhkan uang cash dengan cepat dan satu-satunya jalan adalah dengan menjual emas. Tentu kita ingin agar emas yang kita jual dihargai tinggi, kalau bisa lebih dengan harga tinggi dari saat beli dulu. Tetapi jika memang mendesak, harga lebih rendah dibandingkan dengan saat beli pun akan diterima, asal tidak terlalu jatuh.

Untuk itu, toko-toko emas beroperasi dalam industri yang mandiri, sehingga penting bagi pelanggan untuk memahami bagaimana transaksi bekerja. Berikut adalah cara menjual emas dan beberapa tips untuk konsumen agar mendapatkan harga terbaik.

1. Telitilah Saat Membeli

Jika ingin suatu saat emas yang akan kita jual harganya tidak jatuh terlalu jauh dari harga beli, maka telitilah saat membeli. Sejak awal harus teliti dimaksudkan agar tidak kecewa di kemudian hari. Surat atau sertifikat resmi dari pencetak logam mulia emas wajib ada dan wajib disimpan. Sertifikat ini nantinya akan menjadi jaminan saat menjualnya lagi. Kalau di Indonesia, umumnya yang disukai adalah logam mulia dengan sertifikat Antam, karena diterima di banyak toko emas atau pegadaian atau bank-bank. Untuk emas dalam bentuk perhiasan jarang ada sertifikat, usahakan mendapat surat atau kuatansi dari toko.

Jika sudah terlanjur tidak memiliki surat atau sertifikat, tidak masalah.. tetap lakukan langkah-langkah berikutnya.

2. Dapatkan Penilai Emas

Kalau bisa dapatkan penilai emas yang independen, terutama jika emas yang akan dijual dalam jumlah banyak. Datangi kantor-kantor jasa penilai aset yang resmi bersertifikat. Atau kalau terlalu susah ya datang aja ke toko emas untuk mengetahui kadar emas kita mungkin dengan sedikit membayar jasanya. ‘

Beberapa perhiasan atau koin emas mungkin bernilai lebih ketika dijual sebagai dirinya sendiri, daripada jika dilebur kembali. Misal emas-emas dengan desain langka atau berasal dari seorang desainer terkenal, atau koin-koin emas koleksi. Berhati-hatilah terhadap penjualan koin emas karena mungkin bisa dijual lebih mahal kepada para kolektor.

3. Tahu Karat

Pahami bahwa bahwa kualitas emas bervariasi yang ditentukan dari Karat. Yang tidak murni adalah 14 atau 18 karat, sedangkan yang murni adalah 24 karat. Biasanya karat tertera pada sertifikat atau surat saat membelinya. Setiap kadar karat tentu memiliki harga yang berbeda. Bahkan untuk karat yang sama, dari logam mulia keluaran Antam contohnya, tahun seri cetak yang berbeda bisa memiliki nilai jual yang berbeda. Sehingga agar tidak tertipu, kita harus tahu Karat emas yang akan kita jual kembali.

(Selengkapnya, untuk langkah ke 4 dan 5 silahkan ke link berikut : Cara dan tips menjual emas yang kita miliki

2 responses to “5 Langkah Bagaimana Cara Menjual Emas Batangan Atau Perhiasan”

  1. Rikars says:

    solusi menjual emas bukanlah pilihan yang tepat ada baiknya jika emas yang kita miliki itu kita gadaikan saja di pegadaian, emas kita bisa kembali lagi dengan membayar utang cicilan. kan aman emas kita masih utuh.
    http://investasi-emas.net/investasi-emas-batangan/

  2. Beli di tempat terpercaya bisa juga. Misalnya di bank syariah atau pegadaian. Tulisan ini melengkapi artikel yang pernah saya baca di sini https://www.thegold.asia/investasi-emas/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives

About us

About UsCikarang Dinar adalah usaha jual beli koin emas dinar (keluaran geraidinar.com) khusus untuk distribusi wilayah Cikarang dan sekitarnya. Jaminan 100% keaslian emas + sertifikat antam, dan kami terdaftar resmi sebagai agen/sub-agen. Kami juga menyediakan Logam Mulia sertifikat antam.

Search