Analisa Emas 2012

Analisa emas ini disarikan dari kultwit Endy J Kurniawan, pengarang buku Think Dinar.

Ternyata para investor di barat sudah bersiap mengantisipasi QE3 (Quantitative Easing atau dengan kata lain pencetakan uang kertas baru) dengan melakukan ancang-ancang memborong emas. The Fed mengambang soal kebijakan moneter karena merasa dollar sudah sangat kuat. Hal ini menyebabkan harga emas pekan lalu jatuh hingga USD $50. Kenaikan yg sama dg awal Juni lalu. Awal Juni lalu emas naik 4,4% dalam semalam karena investor ‘menyangka’ The Fed akan mengeluarkan stimulus yang dipicu pengangguran tinggi. Kamis-Jumat pekan┬álalu, emas turun 3,3% dan perak turun 6,4%. Sepanjang 2012 ini emas (dlm harga mata uang USD) baru naik 0,3%.

Di sisi lain, bank-bank besar justru memborong emas secara perlahan karena mereka merasa kawatir akan paket stimulus QE3 yang sedang disiapkan Fed. Fakta ini berlawanan, misalnya, adanya ‘perintah’ otoritas keuangan di India agar masyarakatnya tdk lagi invest di emas. Lalu analis menghitung ke belakang. Ketika QE1 keluar emas naik 36% dan saat QE2 keluar emas naik 21%. Jika QE3 terjadi tahun ini berapa naiknya ?

Jika QE3 (banyak yg prediksi di paruh kedua 2012) terjadi, emas akan naik ke $1.800 (versi seekingalpha) atau $1.900 (versi HSBC), atau dengan kata lain bisa naik 15% hingga 21%. Sejauh ini investor retail emas dunia memang turun, tetapi tidak dengan belanja bank sentral dan investor besar yang tetap naik. Mari kita lihat satu-satu :

  • Rusia menambah 16 ton emas bulan lalu setelah menambah 100 ton tahun lalu. Kenapa? Mereka bilang “sistem moneter mengkhawatirkan”
  • Korea menambah 54 ton emas tahun lalu dan ingin menambah lagi tahun ini. Mereka bilang “in this time of crisis,we need to buy more”
  • Negara-negara Arab yang baru bangkit seperti Tunisia, Mesir, Iran juga sedang belanja puluhan ton dari big brothernya Turki

Jadi fakta globalnya adalah : di negara-negara barat dan di timur bank sentral sedang menambah cadangan emas karena khawatir rencana QE3 The Fed. Permintaan emas fisik dunia ditentukan oleh timur dan saat ini sedang naik pelan-pelan. Investor emas dunia ‘menunggu sesuatu’. Situasi harga mungkin bisa sangat berbeda dalam beberapa bulan mendatang. Lonjakan bisa terjadi. Mindset investor yang seharusnya dibangun adalah ‘buy low’ saat sekarang agar bisa raih ‘optimum gain’, juga untuk jaga-jaga atas ‘sesuatu’ itu.

Semoga analisa emas singkat tahun 2012 ini bermanfaat :)

Leave a Reply

Archives

About us

About UsCikarang Dinar adalah usaha jual beli koin emas dinar (keluaran geraidinar.com) khusus untuk distribusi wilayah Cikarang dan sekitarnya. Jaminan 100% keaslian emas + sertifikat antam, dan kami terdaftar resmi sebagai agen/sub-agen. Kami juga menyediakan Logam Mulia sertifikat antam.

Search